KANALPojok News

Mahasiswa IAIN Samarinda Juara I Tahfidz PTQ RRI Tingkat Nasional

Mahasiswa IAIN Samarinda Juara I Tahfidz PTQ RRI Tingkat Nasional
Juara I cabang Tahfidz 15 Juz: M. Andi Saputra. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Satu lagi prestasi di ajang nasional dipersembahkan M. Andi Saputra, mahasiswa IAIN Samarinda. Andi Saputra meraih juara I Cabang Tahfizd 15 juz pada Pekan Tilawahil Qur'an (PTQ) RRI Tingkat Nasional ke-51 di Palembang.

Gelar bergengsi di kalangan mahasiswa yang digelar Radio Republik Indonesia ini berlangsung 1 Mei - 4 Mei 2021.

Andi tercatat sebagai mahasiswa Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD). Dia mewakili Korwil Kalimantan di PTQ RRI Nasional di Palembang, setelah menyabet juara 1 PTQ RRI Kaltim.

Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) RRI Nasional di Palembang ini diikuti 17 Korwil dari seluruh Indonesia. Jumlah pesertanya 2.500 orang,  melebihi tahun 2019 yang hanya 2.000 peserta.

Andi mengikuti cabang tahfidz dari 3 jenis perlombaan dalam ajang PTQ RRI, yaitu Tilawah, Tausiyah, dan Tahfizd.

Andi adalah mahasiswa semester 2. "Keberhasilan ini adalah berkat  dukungan dari lembaga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jam'iyyatul Qurra' Wal Huffadzh (JQH) IAIN Samarinda," katanya. 

Andi merasa bahagia bisa menjadi juara di event nasional dan berharap agar semakin banyak lagi mahasiswa IAIN Samarinda mengikuti even-even nasional. 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. M. Abzar, M.Ag mewakili pimpinan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas prestasi Andi. “Raihan juara ini merupakan berkah tersendiri bagi masyarakat Kaltim pada umumnya, dan secara khusus keluarga besar IAIN Samarinda”, katanya. 

Abzar berharap, prestasi ini menjadi motivasi tersendiri bagi mahasiswa-mahasiswa yang lain untuk dapat meraih prestasi serupa di masa yang akan datang.

Para juara Cabang Tahfizd 15 juz pada Pekan Tilawahil Qur'an (PTQ) RRI Tingkat Nasional ke-51 di Palembang:

Juara I M. Andi Saputra.

Juara II dari RRI Yogyakarta. 

Juara III adalah RRI Denpasar. (*)


Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :