KANALPojok News

Menag Minta Jajarannya Perketat Pengawasan Prokes di Rumah Ibadah

Menag Minta Jajarannya Perketat Pengawasan Prokes di Rumah Ibadah
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (FOTO: iqra.id)

COWASJP.COM – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menginstruksikan jajarannya untuk memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan di rumah ibadah. Instruksi ini tertuang dalam surat Nomor: B-192 / MA / HM.00 / 05/2021 tertanggal 3 Mei 2021 yang ditujukan kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi dan Kepala Kankemenag Kabupaten / Kota seluruh Indonesia.

"Pengetatan pengawasan diperlukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dalam waktu sebulan ini," tandas Menag Yaqut Cholil Qoumas, Senin malam 3/5/2021.
Dikeluarkan juga Surat Edaran Menteri Agama Nomor 4 Tahun 2021 tentang Panduan lbadah Ramadan dan ldul Fitri Tahun 1442 H / 2021 M di beberapa tempat / daerah. Intinya, diperlukan langkah-langkah antisipatif terhadap potensi penyebaran Covid-19. 

Ada tiga hal yang ditekankan Menag untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan jajarannya di daerah. 
1/ Para Kepala Kanwil Kemenag dan Kepala Kankemenag Kabupaten / Kota agar melakukan pengawasan di lapangan secara maksimal dengan melibatkan para Penyuluh Agama dan KUA Kecamatan atas pelaksanaan Surat Edaran Menteri Agama.

2/ Para Kakanwil dan Kakankemenag juga harus senantiasa berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait, terutama Satgas Penanganan COVID-19 tingkat daerah, dan pihak keamanan dalam rangka antisipasi dan mitigasi serta melindungi warga dari potensi COVID-19 dalam kegiatan masyarakat di bulan Ramadan dan Hari Raya ldul Fitri 1442H.

3/ Para Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi agar melaporkan kepada Menteri Agama dalam evaluasi pelaksanaan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021 yang dimaksud di wilayah masing-masing dan langkah penanganan yang telah dilakukan.(*) 


Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :