KANALPojok News

Ketua KONI Jatim Pastikan Kesiapan Akhir Seluruh Satgas Hadapi PON XXI Aceh - Sumut

Ketua KONI Jatim Pastikan Kesiapan Akhir Seluruh Satgas Hadapi PON XXI Aceh - Sumut
Rapat Koordinasi Satgas Kontingen Jatim menjelang PON XXI di Aceh dan Sumut. (FOTO: M. Fasichullisan)

COWASJP.COM – COWASJP.COM - KONI Jawa Timur (Jatim) menggelar Rapat Koordinasi Satgas Kontingen Jatim menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara pada Rabu, 28 Agustus 2024 di  Aula KONI Jatim. 

Rakor ini dipimpin langsung oleh Ketua KONI Jatim, Muhammad Nabil, dan dihadiri oleh para koordinator dan satgas. 

“Ini untuk mengecek kesiapan seluruh satgas yang akan bertugas di Aceh dan Sumatera Utara. Juga untuk menjelaskan kesiapan posko dan sub posko untuk koordinasi para atlet. Semuanya sudah siap dan selesai,” ujar Nabil.

Pada awal September 2024 ada satgas yang berangkat lebih dulu untuk mempersiapkan seluruh kebutuhan atlet, mulai transportasi, akomodasi, dan mengecek jarak antara penginapan atlet ke venue. 

“Saat ini atlet dan ofisial sudah ada yang berangkat duluan. Karena ada yang harus mencoba venue pertandingan, tapi juga ada yang bertanding sebelum pembukaan,” jelas Nabil.

kontingen1.jpg1.jpgTim sepakbola PON XXI Jatim 2024.(FOTO: istimewa)

Ia menyatakan, bahwa upaya dan ikhtiar secara maksimal sudah dilakukan untuk menghasilkan yang terbaik. Nanti tinggal bagaimana para atlet tampil di lapangan, bagaimana mereka menjalani lomba dan pertandingan. 

“Yang penting secara fisik dan psikis sudah siap. Jadi itu yang paling penting sebenarnya, karena duta-duta kita sebetulnya atlet-atlet kita,” terangnya.

Total atlet Jatim 884 orang akan diberangkatkan ke dua provinsi yang menjadi tuan rumah PON XXI, Aceh dan Sumatera Utara. 

KONI Jatim juga telah memetakan kekuatan yang di Aceh dan Sumut. 

“Kami sekarang telah memberangkatkan lebih awal tim aju dan puhlata untuk mengidentifikasi bagaimana akses-akses itu. Kami juga sudah menyiapkan menu tambahan, asupan-asupan gizi. Selalu kita monitor, tempat penginapan mereka (atlet) bagaimana, jarak tempat pertandingan dengan penginapan bagaimana. Itu sudah kita cover dan mengantisipasinya,” jelasnya. 

TIGA PESAN KETUA KONI JATIM

Pada PON XXI 2024 Aceh-Sumut ini ada 1.042 medali yang diperebutkan dari 60 lebih cabang olahraga yang dipertandingkan. Jatim tidak mengikuti cabor kriket, polo air, terjun payung, softball dan baseball.

“Kendati begitu, kami yakin akan meraih hasil maksimal di seluruh cabor lain. Karena mereka membawa nama besar Jatim, jadi saya yakin para atlet sekarang diliputi rasa optimistis dan kepercayaan diri yang besar,” ujar Nabil.

Nabil menyampaikan tiga pesan penting: 

Pertama, ia mengimbau para atlet dan seluruh kontingen Jatim harus menjadi tamu yang baik. Bisa menyesuaikan keadaan di sana. Yang juga perlu diingat, kata Nabil, ini adalah ajang konsolidasi dan integrasi nasional, bukan ajang disintegrasi karena PON itu kan filosofinya untuk integrasi antarprovinsi di seluruh Indonesia. 

Kedua, untuk meraih prestasi yang baik.

Ketiga, seluruh anggota kontingen diminta untuk saling mengingatkan bahwa mereka mewakili Jatim dan membawa nama baik Jatim. Karena itu harus percaya diri, harus punya keyakinan. Dengan kekuatan itu tujuannya jelas, membawa nama baik Jatim di kancah nasional. 

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur dan kepala-kepala OPD karena telah menjadi bapak asuh di cabor-cabor dalam beberapa bulan terakhir. Berkat para beliau, kepercayaan diri dan optimisme atlet terbangun dengan baik,” katanya.(*)

Pewarta: Mochammad Fasichullisan


Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :