KANALPojok Features

Bani Wolbachia

Bani Wolbachia
Prof. dr. Adi Utarini, dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) yang ditetapkan menjadi salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia 2021 versi majalah TIME. (FOTO: goodnewsfromindonesia.id)

COWASJP.COMPEMERINTAH akan jalan terus, pun ketika kritik keras minta menghentikannya. 

Ini soal program pelepasan jutaan telur nyamuk terpapar Wolbachia di enam daerah: Bali, Jakarta Barat, Bandung, Semarang, Kupang, dan Bontang. 

Tujuan pemerintah: menurunkan penyakit demam berdarah. Caranya itu yang sangat baru. Sangat modern: justru dengan melepas jutaan telur nyamuk yang sudah terpapar Wolbachia. Jutaan telur itu pun menetas. Jadi jutaan nyamuk. 

Lalu mereka akil baligh. Mereka kawin –dengan nyamuk betina. Lahirlah anak-anak nyamuk Bani Wolbachia. Inilah jenis nyamuk baru yang tidak akan menularkan virus, utamanya virus demam berdarah. 

Nyamuk jantan yang terkena virus Wolbachia pun akan impotent dan mati. Dengan demikian maka penyebab utama demam berdarah berhasil dihilangkan.

Tadi malam saya menghubungi dua orang yang aktif di bidang ini. Salah satunya ahli kesehatan masyarakat Prof Dr Adi Utarini: guru besar UGM Yogyakarta. Dia sibuk: lagi menghadiri satu acara.

Lalu saya hubungi dokter Sjakon G. Tahija. Ia pendiri Yayasan Tahija: yayasan yang fokus ke soal pemberantasan demam berdarah. Nama Yayasan Tahija diambil dari nama bapaknya: Julius Tahija.

Anda sudah tahu siapa Julius Tahija: putra Ambon yang dua kali menjabat menteri di zaman Presiden Bung Karno. Juga dikenal sebagai pucuk pimpinan perusahaan minyak Caltex Indonesia. Julius Tahija juga pendiri Bank Niaga. Pernah jadi pemilik saham Freeport. Juga pemilik pembangkit listrik di Timika yang khusus untuk melistriki tambang Freeport. Ia pernah jadi salah satu dari 9 konglomerat terbesar Indonesia –pada zamannya.

Dokter Sjakon Tahija anak sulung Julius Tahija –dari dua bersaudara. Ia dokter mata lulusan FKUI. Keahliannya:  bedah retina.

Sebelum diterapkan di enam daerah itu penyebaran telur Wolbachia pernah dicoba dilakukan secara terbatas di Yogyakarta. Berhasil. Nyamuk aedes aegypti-nya jadi terjangkit Wolbachia semua. Angka demam berdarah turun drastis. Termasuk kematian akibat DB. Efek negatif pun tidak ada.

Sri Sultan Hamengkubuwono X minta agar penyebaran Wolbachia diperluas: ke Sleman dan Bantul. Hasilnya juga nyata.

Sukses Yogyakarta itu sampai ke telinga Menkes Budi Sadikin. Kebetulan menkes kenal baik dengan Prof U-ut, nama panggilan Adi Utarini: sama-sama siswa teladan hanya beda SMA dari Yogyakarta.

Prof U-ut pun menjelaskan pelaksanaan program Wolbachia di Yogyakarta itu. Maka menkes memutuskan: melanjutkannya ke daerah-daerah lain yang sangat tinggi kasus DB-nya. 

Kemenkes tetap menggandeng pelaksana program yang di Yogyakarta: Yayasan Tahija dan Universitas Gadjah Mada –di bawah tim Prof U-ut.

Waktu itu Yayasan Tahija, bersama UGM, sudah mempelajarinya dengan sangat mendalam. Terutama saat negara bagian Queensland, Australia, melaksanakan pelepasan Wolbachia di kota Brisbane. Itu tahun 2009. Hasilnya sangat baik. Juga sangat aman.

Indonesia adalah negara kedua yang menerapkannya –setelah Australia. Kini sudah 14 negara yang akan mengikuti.

Dari mana jutaan telur Wolbachia didapat? 

''Kami ambil dari Yogyakarta,'' ujar dr Sjakon Tahija. ''Yayasan kami sudah bisa memproduksinya,'' tambahnya. 

Ketika mempraktikkannya di Yogyakarta, Yayasan Tahija bekerja sama dengan sekitar 3000 relawan. Merekalah yang mendidik masyarakat. Tidak ada paksaan. Penduduk yang rumahnya rela dipakai pelepasan Wolbachia boleh mendaftar.

Mereka diminta menyiapkan ember. Berisi air. Lalu telur-telur Wolbachia ditaruh dalam air di ember itu. Begitulah cara nyamuk berbiak.

Proses yang sama akan dilakukan di enam daerah di atas. Tahun depan sudah diketahui apakah cara baru mengatasi demam berdarah ini juga berhasil di sana.

Berbagai penelitian atas nyamuk memang dilakukan di banyak negara. Sejak Anda belum lahir: tahun 1924. Termasuk penelitian mengenai cara nyamuk berhubungan seks. Juga reproduksinya. Yang pertama melakukan adalah Simeon Burt Wolbach –dari nama belakangnya diambil.

Tapi penelitian lanjutan yang sangat gigih terjadi telah tahun 1970-an. Di seluruh dunia –terutama di Amerika.

Indonesia setidaknya tidak takut menerapkannya. Termasuk tidak takut pada kritik kelompok Gerakan Sehat untuk Rakyat yang sangat keras –yang menuntut program Wolbachia dibatalkan sekarang juga. Salah seorang di dalamnya adalah mantan Menkes Prof Dr Siti Fadilah Supari.

Yogyakarta rupanya memang istimewa. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 15 November 2023: Nobel Robin

Lagarenze 1301

Embun pagi di Candi Prambanan/ 
Bening menitik di atas dedaunan/ 
Para perusuh kangen-kangenan/ 
Dijamin tak ada ular di comberan//

Lagarenze 1301

Waktu jima' yang baik adalah setelah Salat Subuh. Studi menyimpulkan, jima' di pagi hari membawa banyak manfaat. Pelepasan endorfin dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi stress, menjadikan aktivitas pagi menyenangkan, dan menjadi mood booster sepanjang hari. Bagaimana jika berjima' sebelum Salat Subuh? Boleh saja. Asal jangan lupa langsung mandi wajib setelahnya.

mzarifin umarzain

Setelah bersetubuh apa tidak kecapaian & enak untuk tidur? Bersenggama sebelum tidur malam, Jadi enak karena lantas tidur.

Lagarenze 1301

Candi Prambanan yang dibangun oleh Raja Rakai Pikatan pada 840-856 M bercerita tentang ambisi, pengkhianatan, dan kemarahan. Keinginan Bandung Bondowoso, putra mahkota kerajaan sebelah, sangat besar untuk mempersunting putri raja, Roro Jonggrang. Ia tak peduli jika syaratnya adalah membangun 1.000 arca dalam satu malam. Bagi Bandung Bondowoso, memiliki Roro Jonggrang adalah segalanya. Apapun akan dilakukannya, termasuk meminta bantuan jin. Sebenarnya ia takkan sanggup memenuhi syarat, tapi dengan bantuan jin tadi, apapun hil jadi mustahal. Dan, Bandung Bondowoso berhasil membangun arca yang tampaknya akan selesai sebelum pagi. Maklum, ada jin yang memuluskan jalannya. Roro Jonggrang yang tidak suka Bandung Bondowoso dan karenanya memasang syarat yang tak masuk akal, jadi panik melihat ratusan arca sudah selesai lewat tengah malam. Roro Jonggrang pun memukul lesung bertubi-tubi untuk membangunkan ayam yang segera berkokok: pertanda hari menjelang pagi. Saat itu, Bandung Bondowoso baru selesai membangun 999 arca. Ia kaget mendengar kokok ayam padahal belum pagi. Oww, rupanya ulah Roro Jonggrang. Bandung Bondowoso sangat marah. Ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca untuk melengkapi 1.000 arca. Selamat gathering para perusuh Disway di Candi Prambanan 15-16 Desember 2023. Semoga bisa bertemu dengan Roro Jonggrang. Layanan Mbak Pipit dan para pesuruh Disway pasti memuaskan. Tak ada ular, tak ada longsor. Dijamin ada air hangat untuk mandi.

HANVINCY ADNOV

Akhirnya bisa memberi komentar di disway padahal sebelum-sebelumnya untuk login sangat sulit, sesulit memprediksi keadaan dunia 5-10 tahun ke depan. Napoleone Buonaparte hidup pada 15 Augustus 1769 - 5 Mei 1821 terus Alfred Nobel hidup pada 21 October 1833 - 10 December 1896 berarti Benua Biru bisa dikatakan dalam keadaan stabil n termasuk di era keemasan artinya dalam keadaan situasi n kondisi yg enak terutama negara2 yg mempunyai wilayah jajahan. Pada tahun2 itu yang sedang mengalami kesulitan adalah terutama wilayah Asia n Afrika karena sedang mengalami era penjajahan. 

Atho'illah

Pujangga Merana Mencari Cahaya Di malam sunyi penuh duka, Pujangga merana dalam luka. Dalam kata-kata, hatinya ternganga. Luka tak tampak, tersembunyi dalam sajak. Lirih puisi menjadi bisikan kesepian, Mengalun sepi, menari dalam kehampaan. Pujangga merana, heningnya sendiri, Menyusuri lorong-lorong kenangan yang pilu. Cinta yang sirna, layu dalam puisi, Puisi merana, mengukir luka di dalam hati. Pujangga mencoba menyembunyikan pedih, Namun, pena tak bisa membohongi perasaan. Pujangga merana, bertanya pada bintang, Apakah cinta bersemi di keheningan? Namun, jawab malam hanya bisikan angin, Menyusuri reruntuhan asmara yang kian pudar. Pada lembaran kertas putih berserak, Garis-garis hitam mencerminkan kepedihan, Namun, dalam pena, tersembunyi harapan, Pujangga merana, mencari cahaya, Cahaya cinta yang menyinari kegelapan Dan menjadi sumber kebahagiaan.

Lagarenze 1301

Puisi ini bagus dibacakan di pelataran Candi Prambanan tengah malam saat gathering perusuh Disway, Mas Aat. :) :)

Mirza Mirwan

"Ah, ini pasti NST Award yang diserahkan di Munich 9 November kemarin," batin saya ketika membaca judul CHD hari ini barusan. Dan ternyata benar. Tapi Pak DI hanya menyebut John Kerry dan Robin Yuqun Zeng sebagai penerima award. Padahal tahun ini ditambah dua award lagi untuk kategori: Outstanding Research and Development in the field of Energy, yang diberikan kepada Prof. Elena Bou dari European Institute of Innovation and Technology; dan Leadership in Implementation, yang diberikan kepada Prof. Nicholas Stern dari London School of Economics and Political Science. Nobel Prize yang lebih dulu diberikan awalnya juga hanya untuk bidang Fisika dan Kimia, lalu menyusul: Kedokteran, Kesusastraan, dan Perdamaian. Untuk bidang Ekonomi malah baru mulai tahun 1968, itupun uangnya sumbangan dari Bank Sentral Swedia, Sveriges Riksbank, dalam rangka ulang tahun ke-300 bank tersebut. Enam kategori pemenang Nobel Prize sudah diumumkan sejak 2 - 6 dan 9 Oktober yang lalu -- saya pernah tuliskan siapa pemenangnya -- tetapi penyerahan hadiahnya baru akan dilaksanakan tanggal 10 Desember mendatang di Stockholm (5 kategori) dan Oslo untuk Nobel Perdamaian.

Nimas

Sanad muttashil mutlak, intelektual dan spiritual melekat. Terima kasih Pak Mirza. Salam hormat dan semoga selalu sehat . Aamiin...

ACEP YULIUS HAMDANI

Mohon maaf kepada Abah DI, bukan saya tidak menghargai upaya Abah untuk bertemu dengan para perusuh, tapi apa daya walaupun daftar saya tidak akan kepilih, karena saya jarang rusuh, kecuali sama istri saya. Dan yang paling penting pada tanggal 15-16 Desember 2023, saya tidak kemana-mana, terima kasih.

Wilwa

Tidak diketahui siapa insinyurnya mungkin karena sang insinyur Low Profile. Lha Samaratungga yang mendirikan Borobudur sendiri masih jadi bahan perdebatan apakah dia orang Jawa atau orang Sumatra atau campuran Jawa Sumatra. Syailendra atau Sanjaya atau hasil perkawinan keduanya. Sama seperti asal usul kata Borobudur. Saya pribadi beranggapan bahwa nama asli Borobudur adalah Vihara Buddha. Dan kemudian mengalami banyak “plesetan” menjadi Borobudur. Viharabuddha >> Biarabuddha >> Biorobuddho >> Borobudo >> Borobudor >> Borobudur

Juve Zhang

Sejarah mencatat Borobudur dibangun tahun zaman siapa tapi tak mencatat siapa Insinyur Sipil nya. Sayang nama Insinyurnya tak muncul. Selayaknya nama Insinyurnya muncul. Itu Maha karya Teknik Sipil Indonesia terhebat. Asli putra daerah. Bagaimana tahan Gempa skala 9 ratusan tahun jelas jenius ilmunya.. pun Candi Prambanan yg tinggi menjulang tahan Gempa skala 9 atau lebih. Tanpa besi tulangan dan semen. Itulah karya Insinyur Jenius. Sayang namanya tak dicatat.pasti ada Insinyur nya. Tapi kalau yg paling besar bawa Tas Echolac anda pasti tahu kan ? Wkwkkwkwk sejarah hanya dibuat oleh penenteng Tas Echolac. Wkwkwkkw

Juve Zhang

Kalau anda tahu untuk renovasi Borobudur pemerintah menunjuk ahli struktur dan beton Indonesia Prof Ir Rooseno. Gurubesar teknik sipil. Padahal hanya renovasi .jadi yg menciptakan jelas Profesornya para Profesor. Wkwkkwk

Gianto Kwee

Kalau hanya butuh Satu Gelas air untuk minum, kenapa harus "Nyemplung" Ke sungai ? Mungkin inilah prinsip hidup Alfred Nobel, Salam

Mirza Mirwan

Pada tahun 1888 Ludvig Nobel, saudara Alfred Nobel, meninggal. Sebuah koran Perancis memberitakan judul yang seram: "Le Marchand de la Mort es Mort" -- saudagar kematian telah mati. Koran itu mengira yang meninggal adalah Alfred Nobel. Itu terlihat dari "lead" beritanya yang berbunyi: "Dr. Alfred Nobel, yang menjadi kaya-raya karena menemukan cara membunuh lebih banyak orang lebih cepat dari sebelumnya, telah meninggal kemarin." Mungkin gegara stigma pengkhianat yang diberikan Perancis, karena menjual dinamit ke Italia. Alfred Nobel membaca berita itu. Ia tertegun. Lalu ia curhat kepada Bertha Kinsky, mantan sekretaris dan wanita pujaannya, yang sudah menikah dengan Arthur Gondaccar, seorang Baron. Bertha yang tetap berkorespondensi dengan Alfred menyarankan agar menyisihkan sebagian kekayaannya untuk amal. Sejak itu Alfred menjadi donatur beberapa yayasan sosial dan gereja. Pada tahun 1895, Alfred menandatangani wasiat yang isinya menyebutkan bahwa ia mewariskan 94% dari total asetnya kepentingan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan. Penandatanganan itu dilakukan dalam pertemuan Klub Swedia-Norwegia di Paris. Dari situlah awal mula berdirinya Yayasan Nobel. Eh, iya, Pak DI menulis Nobel punya lebih dari 300 paten. Tepatnya 355 paten.

bagus aryo sutikno

Hakekat penemuan. Di suatu kelas geografi, Bu Guru bertanya ; * Ayo mulyanto, siapa penemu Amerika.? * Anu Bu, Columbus. * Betul. Ayoo kamu Leong, ada apa angkat tangan.? * Berarti saya juga penemu dong Bu.? * Kamu penemu apaaaa Leong..? * Saya penemu sutra merah. Tadi saya temukan di bawah meja Bu Guru. *Leong...!! @#£&£#@ #kelas berapa mereka yaa..? 

Er Gham

Acara gathering perusuh ke 2 di Prambanan pertengahan Desember. Selamat untuk 40 orang yang nanti terpilih. Perusuh diharapkan berlatih senam aerobik 1.5 jam dari sekarang, biar bisa mengikuti gerakan Abah. Biar tidak ngos ngos an. Malu atuh lebih muda dari Abah tapi napas tidak kuat. Oh ya, apakah pasang tenda di sekitar lapangan rumput Candi Prambanan. Hati hati ular, jika tidur di tenda. Hehehe. 08.03

Er Gham

Di sekitar candi prambanan banyak lapangan rumput yang luas. Entah, apakah boleh pasang tenda di sana dan bakar api unggun. Api unggun membuat ular menjauh juga. 08.16

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Arah Jaran (Sel,14-11-2023) 
#.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] 
#1.ACEP YULIUS HAMDANI (1;177) [1;0] 
#2.Agus Suryonegoro III (5;183)★ [7;0] 
#3.Agus Tejo (1;9) 
#4.ahmad faqih (4;136)★★ [1;1] 
#5.Ahmad Zuhri (1;1) [0;1] 
#6.alasroban (1;6) 
#7.Alex Ping (1;23) [1;0] 
#8.Amat K. (1;20) [1;0] 
#9.Andi Perakk (1;58) 
#10.Arif Rahman (1;10)✏️ 
#11.arif surya (1;30)✏️ 
#12.Azza Lutfi (1;11) [0;1] 
#13.bitrik sulaiman (3;6) [0;2] 
#14.Citra Cilia (5;30) [0;3] 
#15.didik sudjarwo (1;14)★ 
#16.dion noid (1;14)✏️ 
#17.Echa Yeni (5;57) [0;3] 
#18.Edyanto (1;17) [1;0] 
#19.Eksan Susanto (1;11) [3;0] 
#20.Em Ha (1;105) 
#21.Er Gham (3;33) [3;0] 
#22.Fa Za (2;16) [0;1] 
#23.Fahmi Afis22 (1;9)✏️ 
#24.Fauzan Samsuri (1;52) 
#25.Fiona Handoko (4;199)★ [1;3] 
#26.Fra Wijaya (1;25) 
#27.Gianto Kwee (2;9) [0;2] 
#28.Gregorius Indiarto (7;175)★ [1;0] 
#29.Guslurah (1;1) 
#30.Handoko Luwanto (2;241)★★ 
#31.Hari Purwanto (8;151)★ [1;6] 
#32.ikhwan guru sejarah (1;38) [2;0] 
#33.imau compo (11;543) [0;2] 
#34.Jaenal Sujarot (1;4)✏️ 
#35.Jo Neca (5;99) [2;4] 
#36.Johannes Kitono (1;148) 
#37.Jokosp Sp (14;581) [4;11] 
#38.Juve Zhang (13;1110) [5;3] 
#39.Kang Sabarikhlas (3;81) [4;0] 
#40.Ketut Bagiarta (1;7) [1;0]

Hari Purwanto

Jadi teringat pepatah Cina : kalau minum anggur cuma se sloki lebih baik tidak usah sama sekali.

bagus aryo sutikno

Selurus-lurusnya perjaka pasti belok juga di pelaminan. Yen lurus2 saja, yen ora keno paha yg kena yg lainnya. Pasti kudu belok. 

Alex Ping

Menurut saya akhir hidup Alfred Nobel tidak sedih. Karena dengan harta Alfred Nobel yang saya tidak tahu berapa jumlahnya, tentu tidak sulit baginya untuk mencari teman hidup. Yang menyedihkan itu jika menikah, berkeluarga, tetapi sendirian di akhir hidupnya. Lagipula seandainya Alfred Nobel menikah dan mempunyai keturunan, belum tentu akan ada hadiah nobel seperti sekarang. Dan keinginan untuk "nambah" itu jauh lebih bagus Om Lagarenze, daripada keinginan untuk "ganti". Hihihi...

Lagarenze 1301

Kalimat dalam CHD hari ini sungguh menyentuh dan menyentak. "Akhir hidupnya sedih: hanya ditemani para pembantu yang bekerja karena dibayar." Begitu berharganya yang bernama "keluarga". Hidup yang tercerai-berai, apalagi berujung kesendirian, memungkinkan akhir yang tragis. Jadi, masih ada perusuh yang keinginan nambah? Nambah bisa berdampak cerai, lho. Anak-anak pun pergi. Sedangkan dengan yang baru belum tentu langgeng. Endingnya bisa seperti Alfred Nobel. Mari simak lagu "Harta Berharga", OST Keluarga Cemara, dinyanyikan Bunga Citra Lestari. Harta yang paling berharga adalah keluarga/ Istana yang paling indah adalah keluarga/ Puisi yang paling bermakna adalah keluarga/ Mutiara tiada tara adalah keluarga….//

Udin Salemo

Di budaya kami orang Minangkabau tak ada budaya sungkem dan cium tangan. Saya sampai kedua orang tua meninggal tak pernah sungkem dan cium tangan. Orang tua tak pernah mengajarkan itu. Kami kalau salaman sama orang tua salaman seperti biasa. Mungkin itulah salah satu budaya Egaliter yang diwariskan turun temurun.

gus Suryonegoro III

BERITA dari Kompas. Saat acara pengumuman daftar resmi Capres dan Cawapres, hadir juga bu Megawati.. Hadir pula para Ketum Partai, dan para Capres beserta Cawapresnya. Yang unik, menurut berita tersebut.. 
1). Gibran mendekati bu Megawati, kemudian "sungkem".. 
2). Kaesang juga mendekati bu Megawati. Kemudian berlutut di depannya.. ### Yang mengagetkan.. A). Semua senyum. B). Tidak ada yang marah, maupun cemberut..

Mirza Mirwan

Selamat pagi juga, Bung Mario. Untuk Gathering perusuh Disway 15-16 Desember nanti saya juga tak mendaftar. Dua hari itu saya rencananya di Selamat pagi kembali, Bung Mario. Maaf, untuk gathering 15-16 Desember nanti saya tidak mendaftar. Rencananya dua hari itu saya di Nam Dinh (sekitar 70km tenggara Hanoi, Vietnam). Saya sudah beli tiket Jakarta-Bangkok 5/12, Bangkok-Hanoi 13/12, Hanoi-Bangkok 17/12, dan Bangkok-Jakarta 3/1- 2024. Sekalian menambahkan. Liu Xiaobo dulu mendapat Nobel Perdamaian (2010), tetapi justru membuat Tiongkok uring-uringan. Karena Liu adalah narapidana subversif yang memprotes sistem partai tunggal Tiongkok. Bulan Juni 2017 Liu dibebaskan karena sakit parah dan meninggal bulan berikutnya. Sama seperti pemerintah Iran uring-uringan ketika tgl. 6 Oktober lalu Narges Muhammadi diumumkan sebagai pemenang Nobel Perdamaian. Narges Muhammadi saat ini juga berada dalam penjara.

Mirza Mirwan

Saya perlu meluruskan. Pak DI menulis belum ada satupun penerima Nobel dari Tingkok, kecuali di bidang Sastra. Tahun 2010 penerima Nobel Perdamaian dari Tiongkok, lho. Dialah Liu Xiaobo. Sedang untuk Nobel Sastra dua orang: Guo Xingjian (2000) dan Mo Yan (2012).

Muh Nursalim

di Sragen ada sekolah bernama trensains. didirikan oleh professor fisika dari Unair, Gus Pur. Punya cita-cita sangat tinggi yaitu salah satu alumni suatu saat ada yang dapat hadiah nobel. Maka setiap penganugerahan nobel para siswa dan guru diajak nobar. Semoga cita-cita itu terwujud.

Leong Putu

Memang menjengkelkan sekali kalau sampai Tokek bunyi per 2 - 4 menit sepanjang malam. Mungkin Tokeknya lagi patah hati atau lagi kasmaran lalu baca puisi : Pujangga Merana Mencari Cahaya Mungkin....

Mirza Mirwan

Ternyata Ketua DPR Mike Johnson lebih lunak ketimbang Kevin McCarthy, pendahulunya. Selasa kemarin (14/11) DPR meloloskan RUU Pendanaan Sementara -- Stopgap Funding Bill -- untuk mencegah penutupan pemerintahan (government shutdown) dengan suara 336-95. Sebanyak 209 dari 336 suara yang setuju itu berasal dari Demokrat, 127 sisanya dari Republik. Sementara 95 yang menentang itu sebanyak 93 dari Republik, 2 dari Demokrat. Pendananaan sementara itupun berlaku lebih lama, sampai 19 Januari 2024, dan untuk Departemen Pertahanan berlaku sampai 2 Februari 2024. Sedang pendanaan sementara yang diloloskan zaman Kevin Mc Carthy yang bikin Matt Gaetz dan 7 Republikan lain murka hingga mengajukan usulan pelengseran McCarthy dulu hanya berlaku 45 hari -- berakhir 17 November lusa. Pekan lalu Mike Johnson menolak usulan pemrosesan impeachment terhadap Joe Biden yang sudah muncul sejak awal September yang silam. Biden dianggap mendapat keuntungan dari kongkalingkong Hunter Biden nun dulu di Ukraina. Alasan Johnson, belum cukup bukti yang bisa dijadikan dasar persidangan. Penolakan Johnson itu membuat para pendukung MAGA di luar Kongres marah besar. Sementara di Kongres, utamanya di DPR, banyak Republikan juga uring-uringan. Dan mereka itu adalah 93 Republikan yang kemarin menolak Stopgap Funding Bill. Kayaknya, sih, nasib Mike Johnson ke depan bisa seperti Kevin McCarthy. Tergusur dari kursi Speaker.

Lagarenze 1301

JOMBLO 1: 
+ Pacarku seperti tanggal 30 Februari. 
- Kenapa? 
+ Dia tidak ada. 

JOMBLO 2: 
+ Sekarang waktu yang tepat bagi para jomblo ke Gaza. 
- Kenapa? 
+ Di sana banyak yang nembak. 

JOMBLO 3: 
+ Tau nggak kenapa pacarku seperti dinosaurus? 
- Kenapa? 
+ Pernah ada tapi sekarang sudah punah.

Hari Purwanto

JOMBLO 4: + Romeo rela mati demi Juliet, Jake rela mati untuk Rose 
- Kenapa? 
+ Jomblo harga mati !!!


Jimmy Marta

Indonesia sebenarnya pernah menghasilkan peraih hadiah Nobel. Yakni di bidang Ekonomi. Bahkan dua orang penerima Nobel prize 2019 itu 'hanya' pegawai magang. Mungkin tidak banyak yg tahu jika Esther Duflo dan Abhijit Banerjee itu magang melakukan penelitian bidang ekonomi nya di Bappenas Jakarta. Fokusnya tentang pengaruh kebijakan Instruksi Presiden pd peningkatan pendidikan dan pendapatan masyarakat. Inpres yg dimaksud, yakni no.10/1973. Dg instruksi itu pemerintah membangun ribuan sekolah dasar di lokasi tempat kelahiran masyarakat. Dari hasil penelitian Esther dan Abhijiit, pembangunan sekolah yg mendekat itu menambah peluang dan keterjangkauan rakyat pelosok akan pendidikan. Hasilnya menurut mereka, ini sangat mempengaruhi loncatan pendapatan masyarakat. Esther Duflo dan Abhijiit Banerjee memang hanya penelitian di Indonesia, bukan lahir dan besar disini. Mereka suami istri profesor ekonomi di MIT, warga Amerika.

Agus Suryonegoro III

KALAU yang memilih peraih Nobel "Keberlanjutan" seperti diraih oleh pak Robin Zeng adalah Komite Independen yang dikelola oleh Universitas Teknik Muenchen Jerman. Dalam komite ini termasuk profesor yang ditunjuk oleh berbagai institut dan universitas dari seluruh dunia. Semoga, yang ini benar-benar tidak obyektif dan independen. Tidak terpengaruh oleh warna kulit dan asal benua.. ### Semoga, bisa bertahan, kuncinya yang dominan adalah: "Berjasa atas penerapan solusi berkelanjutan.."

Leong Putu

Penasaran tokek di MK bunyinya bagaimana ya? Serius ini , penasaran.

Pryadi Satriana

Yth. Pak Mario, Tks Pak Mario buat pemberitahuannya ttg 'Gathering #2'. Sy sdh jawab ndhak akan daftar. Bapak 'reply': "Waaah ...". Maaf, Pak. Saya betul2 SUDAH MUAK & ndhak mau ketemu 'orang itu'. Saya sudah ketemu macem2 orang tapi yo nggak ada yg "sugih ning duwe mental kere koyo ngono", saham karyawané dewé yo kolu nguntal!!! Pamer gak katené njupuk gaji ning kelakuané nggilani koyo ngono. Membuat citra berguna bagi orang banyak nanging sak temené ngambil hak orang2 yg membuatnya kaya raya. Do'i lupa bahwa tanpa 'Cowas JP', orang2 yg membuatnya bisa berkarir, do'i akan tetep kere ... Saya bukan 'sungkan' atau lainnya, lha wong saya bilang "wongé nggilani" mosok saya mau ketemu ... , 'yo gilo' lah! Salam. Rahayu.

Hari Purwanto

Nyanyi sik..., by VOB-voice of baceprot (trio metal hijaber) Whats The Holy (Nobel) Today ? Stop war, we hate war Stop war, we hate war Stop war Stop killing life Stop war Stop burning the dream of our child I'm dying in the light when I see the children cry In the bright Bombs! Bombs! Bombs! Their dream were killed by racism Their hope were deprived by spender of hate then they cry They die and the holy Nobel is gone Do you feel hopless with our future When the newspaper talk about nuclear weapony of the nation To save human right (its so stupid) When the TV shows that the power of earth is ready to fight Hey Mr. Nobel where are you now Hey Mr. Nobel where are you now What is the holy nobel today The world sets back to the dark The soldier shoot their gun to the weaks people And turn off the right to love And ruler's claim they're God ready to take the power back They destroy anyone To clean some ethnic To create uniformity And to throw some religion Women and child just cry Can't run, then die die die Women and chied just cry Can't leave from fire of war Stop war, we hate war Stop war, we hate war

Everyday Mandarin

Liu Xiaobo pernah terima Nobel Perdamaian di 2010. Saat itu pemerintah ngamuk. Wakil Menlu memberi contoh seharusnya Yuan Longping yang menemukan padi hibrida yang diganjar Nobel Perdamaian. Yuan telah memberi makan 1,3 milyar penduduk China dan menghapus kemiskinan. Menlu Fu Ying menjelaskan huruf China untuk kata "perdamaian" 和 (he) terdiri dari 2 unsur: 禾 (he = biji²an/padi) dan 口 (kou = mulut). Sepanjang sejarah, China percaya bahwa saat semua mulut mendapat makanan, maka perdamaian akan tercipta."

Everyday Mandarin

Typo di atas: 2010 pemerintah China yg ngamuk. Bukan pemerintah SBY dengan Menteri BUMN-nya (saat itu).

Everyday Mandarin

Di foto atas, di dinding kantor bos besar Ningde tertulis: 为成功找方法不为失败找理由 = orang sukses mencari jalan, orang gagal mencari alasan.

mzarifin umarzain

Ada 1001 jalan bagi yg berkemauan. Ada 1001 alasan bagi yg tak berkemauan.

*) Dari komentar pembaca http://disway.id


Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :