KANALPojok Features

Sang Begawan Media

Sendang Pancuran

Sendang Pancuran
Foto kenangan tahun 2003. Mr Lee Hsien Yang (kiri), Ms Lee Wei Ling (kedua dari kanan), ayahanda mereka Lee Kuan Yew (kanan). (FOTO: REUTERS - bbc.co.uk)

COWASJP.COMPERTENGKARAN antar anak Lee Kuan Yew ternyata belum sudah. Anak bungsunya, Lee Hsien Yang, terus mengkritik kakak sulungnya yang kini menjadi Perdana Menteri Singapura: Lee Hsien Loong.

Mengkritiknya dari luar negeri. Lewat Facebook. Hsien Yang tidak berani lagi pulang ke Singapura. Yakni sejak Hsien Yang dipanggil polisi tahun lalu: terkait dengan perseteruan lama dengan si kakak sulung. Yakni soal warisan rumah besar di Oxley Road nomor 38. Di situlah dulu, waktu kecil, mereka tinggal bersama sang ayah. Rumah besar. Delapan kamar. Umur bangunannya sudah 125 tahun.

Bukan.

Bukan rebutan untuk saling memiliki. Hanya soal akan diapakan rumah itu. Kakak Sulung menghendaki diabadikan sebagai monumen sejarah. Ayah mereka, Lee Kuan Yew, adalah bapak bangsa. Juga bapak modernisasi Singapura. Segala-galanya bagi Singapura.

Si bungsu menghendaki rumah itu dibongkar. Diratakan dengan tanah. Agar tidak terjadi kultus pada ayah mereka. Itu, katanya, sesuai dengan wasiat sang ayah.

Anak sulung menganggap wasiat itu dipalsukan. Kriminal. Hsien Yang dipanggil polisi.

Yang lebih ngotot untuk dibongkar sebenarnya saudara tengah. Wanita: ''sendang diapit pancuran''. Namanyi: Lee Wei Ling. Ahli syaraf. Neurolog. Tomboy. Kini berumur 68 tahun.

Si bungsu memihak saudara tengah. Hsien Yang memihak Wei Ling: 2:1. Di antara tiga bersaudara itu Wei Ling-lah yang lebih lama di rumah besar. Dia terus serumah bersama papa-mama. Sampai Lee Kuan Yew meninggal tahun 2015. Mungkin karena Wei Ling tidak menikah. Juga otaknya amat cerdas.

Belakangan ini Wei Ling sakit. Agak parah. Terkait dengan syaraf. Dia menjadi banyak lupa. Maka tinggal Hsien Yang sendirian yang melawan kakak sulung.

"Mungkin saya tidak akan bisa melihat kakak perempuan saya lagi," kata Hsien Yang dari perantauannya.

Serangan terbaru dari Hsien Yang terjadi pekan lalu. Lewat Facebooknya. Yakni tentang penggunaan uang negara untuk merenovasi rumah sewaan. "Hanya karena yang menyewa rumah itu seorang menteri," tulis si bungsu.

Hsien Yang terus mengkritik pemerintahan kakak sulung. Ketika terbongkar kasus korupsi yang melibatkan menteri Transportasi awal bulan ini, Hsien  Yang menulis: itu bukti kegagalan kepemimpinan Lee Hsien Loong.

Rumah yang disewa itu milik negara di bawah SLA (Singapore Land Authority). Letaknya di Ridout Road nomor 26. Yang menyewa: Menteri Hukum K. Shanmugam.

LE1.jpgDari kiri: PM Lee Hsien Loong, Lee Wei Ling, Lee Hsien Yang. (FOTO: theindependent.sg)

Awalnya, 2018, Shanmugam menyewa selama 3 tahun. Lalu diperpanjang. Ia menyewa di situ karena ingin menjual rumah pribadinya. Harga jual rumah di Singapura memang lagi mahal-mahalnya.

Harga sewa rumah kolonial ini SGD 26.000 sebulan. Setara dengan Rp 300 juta/bulan. Ia menjabat menteri dalam negeri merangkap menteri hukum. Sebelum itu ia menteri hukum merangkap menteri luar negeri.

Akibat postingan di Facebook itu, Hsien Yang dikirimi ultimatum oleh Menteri Kebudayaan, Kemasyarakatan dan Pemuda Edwin Tong. Mr Tong juga wakil menteri hukum. Isinya: Hsien Yang harus memperbaiki isi Facebooknya atau mencabutnya.

Edwin Tong membantah perbaikan rumah di Jalan Ridout Road No 26 karena ada menteri yang tinggal di situ.

Kakak Sulung, sebagai perdana menteri, sudah menginstruksikan aparatnya agar menyelidiki kasus itu. Hasilnya: tidak ada hubungan antara perbaikan rumah dengan siapa yang menyewa rumah. Maka Hsien Yang dianggap menyiarkan kabar bohong.

Kalau Hsien Yang tidak melakukan koreksi maka tuduhan padanya akan tambah satu lagi: melanggar UU penyiaran, Ia pun melakukan koreksi atas postingan tersebut, tapi mengunggah lagi materi berikutnya: bahwa ia tetap pada keyakinannya bahwa renovasi itu ada hubungan dengan siapa yang sedang menyewa rumah itu.

Berarti Hsien Yang akan menerima ultimatum lagi. Hsien Yang adalah seorang lawyer. Demikian juga isterinya. Sang menteri yang menyewa rumah juga seorang lawyer. Yakni sebelum jadi anggota DPR dan kemudian menjabat menteri dua periode.

Shanmugam, 66 tahun, justru lebih keras. Ia memberi ultimatum bahwa Hsien Yang harus mencabut postingannya dan minta maaf. Masih harus pula membayar ganti rugi nama baik.

Rupanya ada juga dukungan dari dalam negeri untuk Hsien Yang. Bahkan banyak yang mengusulkan agar Hsien Yang maju sebagai calon presiden di Pilpres bulan September depan. 

Hsien Yang ternyata juga berminat. Hanya saja ia tidak mungkin pulang. Kalau pun pulang akan langsung berurusan dengan hukum. Berarti ia tidak mungkin lolos sebagai calon. KPU di sana punya wewenang menentukan siapa saja yang bisa maju sebagai Capres.

Presiden Halimah Yusuf sudah dengan tegas menyatakan tidak mau lagi maju sebagai calon. Cukup satu masa jabatan, 6 tahun. 

Meski jabatan presiden di sana hanya seremonial, yang mencalonkan diri ada tiga orang. Yakni Tharman Shanmugaratnam, George Goh Ching Wah, dan Seng Soon Kia. 

Rasanya Tharman yang dikehendaki untuk terpilih. Ia Menko yang sudah meletakkan jabatan dan sudah berhenti dari pimpinan partai penguasa, PAP. Ia juga pernah memimpin GIC, pemegang cadangan devisa negara. 

Yang terpenting ia suku minoritas. Halimah minoritas Melayu Islam.  Tharman minoritas India Hindu. Anak sulung –yang menjadi tidak jelas kapan akan turun takhta– menghendaki jabatan presiden di tangan minoritas. Bergantian. Antara Melayu dan India. Itu karena jabatan perdana menteri pasti di tangan suku Tionghoa.

Di Jawa orang percaya ''sendang diapit pancuran'' harus dicarikan jalan keluar secara adat. Di Singapura sering hanya ada ''sendang'' tanpa ''pancuran''. (*)

Komentar PIlihan Dahlan Iskan
Edisi 28 Juli 2023: Testosteron Prostat

doni wj

Benar Ko Liang. Selama 10 tahun saya bergiat di HIV/AIDS prevention dan pendampingan psikologi bagi remaja dan kelompok berisiko. Remaja sekolah, remaja jalanan, gay, waria, psk, drug users. Berativitas dan bersahabat dg mereka. Intervensi injeksi hormon adalah hal yg "jauh" dari jangkauan kelompok ini. Kelompok marginal. Tidak benar2 tahu. Kecuali dari rekan2 lesbi

doni wj

Menekan testosteron itu seperti menekan sifat kelaki-lakian. Sayang Abah tidak menuliskan. Atau pura-pura tidak penasaran dan memperhatikan. Apakah sahabat Disway itu jadi bergeser ke kutub seberang? Kulitnya jadi terlihat lebih cerah dan halus? Dalam dunia lesbian dikenal istilah butchi, femme, dan andro. Butchi sebutan bagi yg punya kecenderungan berlaku atau "berperan" sebagai "cowok". Penampilannya cenderung kelaki-lakian. Femme cenderung feminis, tetap mempertahankan identitas, penampilan, dan atribut perempuan. Hanya saja mencintai sesama. Dan Andro adalah sebutan bagi yg "gojag-gajeg", "mancala putra-mancala putri"," in between". Tidak ke utara, tidak ke selatan. Kadang bisa jadi "plus", kadang "minus". Situasional. Para butchi yg mampu secara finansial biasa melakukan terapi suntik hormon. Untuk menekan produksi hormon estrogen dan atau progesteron. Hasilnya, suara jadi agak ngebas. Payudara mengempis. Massa otot membesar. Dan kadang (bagi yg punya kumis halus) jadi tumbuh kumis beneran. Apa merepresi testosteron berefek sebaliknya?

Xiaomi A1

Prof Rainy Umbas, nama fam nya jelas dari Manado. Klo ketemu orang Minahasa yg hebat, biasanya bila ditelusuri beberapa step ke atas, kemungkinan akan ketemu opa/mbahnya yg hebat lagi. Ternyata nama Umbas memang pernah ada yg menjadi Kepala Balak Kawangkoan (semacam raja, tp luas wilayahnya setara kecamatan). Kawangkoan berjarak 1 jam-an dari Kota Manado, ketinggiannya berkisar 500-700 mdpl, udaranya sangat sejuk, cocok untuk bercocok tanam sayur mayur. Kawangkoan jg terkenal dgn produk kacangnya, sedikit lebih keras, tapi sangat enak dan gurih. Jika berkunjung kesana jangan lupa mampir ngopi di Gembira atau Toronata (letaknya bersebelahan), dua rumah kopi legendaris yg berdiri sejak tahun 50an. Menikmati udara dingin ditemani secangkir kopi susu, sambil nyeruput kuah bakmi, pe sadaap..

imau compo

Bukankah senam dansa sejam sehari itu akan menurunkan testosteron? Untungnya lead feature ini tidak dimulai dengan, "senam dansa dulu dengan asosiasi IDI setempat, setedan itu jalan kaki ke tempat acara....." dstnya. Zaman ini memang zaman citra.....meskipun kalau tanya ke AI ketahuan ironisnya. Akhirnya, berlaku omongan alm. teman saya, " silahkan ngomong sampai seribu kata, emang gua pikiran (?)!"

No Name

Terbaru itu kalimatnya diganti menjadi : "Berdiri kokoh sejak 19.47" hehe Salam hormat dari Lombok (Iqbal)

Agus Suryono

PAH.. MAH.. "Pah, ayo.." "Mah, jangan sekarang ya. Aku lagi loyo..". "Lho, aku bukan ngajak main yoyo..". "Lha ngajak ngapain..?" "Ngajak jalan-jalan ke Hokaido.." ###Ah, kalau itu suh Ayo..

Jokosp Sp

Sakit berat memang tidak cocok buat klas bawah. Pendapatan sebulan bisa habis untuk sekali suntik. Oke daripada memikirkan yang berat-berat mending nunggu komennya Om@Leong, Mbah Mars danperusuh saja. Karena ada yang menarik perhatian: testis, testosteron, 2 telor yang bisa terbang ke mana-mana, Dan punya bahaya yang mendekati kiamat jika sampai tertidur apalagi lupa terbangun. Bisa kacau dunia persilatan.

Liáng - βιολί ζήτα

CHDI : "Hasilnya: setelah tiga bulan PSA-nya yang 54 menjadi tinggal 3,9. Lalu turun lagi tinggal 0,7. "Sekarang tinggal 0,005," ujarnya. ............ Memang selama produksi testosteron dihentikan, burung tidak bisa terbang. Tapi ia tidak mati. Hanya tidur. Suatu saat akan bangun. Kalau tidak lupa." Kalau benar PSA-nya "hanya" 0,005 ---> kemungkinan besar akan "tidur panjang" anu-nya.

Liáng - βιολί ζήτα

PSA di dalam darah untuk orang yang berusia antara 50 hingga 59 tahun ---> (0 - 3,5). Memahami Level PSA (Prostate-Specific Antigen) : - Jika kadar PSA Anda antara 0 dan 2,5 ng/mL, kanker prostat tidak mungkin terjadi dan kecil kemungkinan Anda memerlukan pengujian lebih lanjut. - Tingkat PSA antara 2,5 dan 4,0 ng/mL umumnya dianggap normal. Dengan tidak adanya faktor risiko lain, jika kadar PSA Anda tidak berfluktuasi, dan jika Anda tidak minum obat untuk BPH (Benign Prostatic Hyperplasia) dokter Anda mungkin memutuskan bahwa tidak diperlukan pengujian tambahan hingga pemeriksaan fisik tahunan berikutnya. - Jika kadar PSA Anda lebih dari 4,0 ng/mL, atau jika meningkat, dokter Anda mungkin ingin pengujian tambahan. Meskipun kadar PSA antara 4.0 dan 10.0 dianggap mencurigakan, hanya ada 25% kemungkinan Anda menderita kanker prostat. - Jika level PSA Anda 10 ng/mL atau lebih tinggi, level ini dianggap berbahaya. Artinya, peluang Anda terkena kanker prostat adalah 50%.

doni wj

Ko Johanes, organ reproduksi memang punya 2 fungsi. 1. Fungsi Prokreasi itu untuk melanjutkan keturunan. 2. Fungsi Rekreasi itu untuk anda sudah tahu

Johannes Kitono

Topik CHD tentang Prostat dan Testosteron ini sangat menarik. Tentu wajib dibaca oleh laki laki sejati yang tidak melambai-lambai. Tulisan jurnalis senior tentu berbeda penjelasan teknisnya dengan dokter urolog atau androlog. Dokter spesialis lebih hati-hati dan selalu merujuk ke kolega yang menjadi pakarnya. Umumnya ketika masih muda laki laki kerja keras mengumpulkan uang untuk nikah. Terkadang melakukan prokreasi melampiaskan kelebihan produksi testosteronnya, kalau sudah lama tidak mimpi basah. Tentu range PSA masih normal dan tidak ada BPH. Saat sudah nikah dan usia diatas 50 tahun. Hidup mapan berlebihan,mager dan mulai obesitas. Dan burung di selangkangan tidak lincah dan susah diajak kompromi. Tidak bisa diatur dengan remote kontrol. Pasangan hidup sudah menop dan pasti tidak bergairah bersanggama. Now, burung hobby pipis berkali-kali didalam hari. Ini dilema, prokreasi diluar takut dosa. Tidak dipakai juga masalah bisa jadi ca prostat, jadi serba salah. Seorang teman punya solusi yang menarik. Minta izin sama isteri mencarikan deputi untuk prokreasi. Hebatnya direstu lagi. Ini lebih baik daripada "swalayan" diiringi lagu Halo Halo Bandung, katanya. Silahkan dicoba !

sri wahyuning

Kian Jk, ikan sepat ikan gabus, makin cepat keretanya semakin bagus, karena porang-porang dino dipadosi keseleonya tapi mau ke bandung nanti pasti milhnya kereta cepat halim-cibaduyut mugih mugih kita slu optimis abah seperti kang delik alias idnas yg urat pesimisnya putus......ampura abah salam bahagia selalu saking jembrana

Mukidi Teguh

FYI, masalah pembesaran prostat itu ada dua, yakni yang jinak yang kerap disebut sebagai BPH (benign prostatic hyperplasia) dan yang ganas yang namanya cukup membuat ngeri, karsinoma prostat. Yang terakhir ini jika ditemukan cepat insyaAllah bisa diamankan. Tapi kalau sudah bikin satelit di banyak organ, sekelas raja yordan pun harus menyerah dibuatnya. Oleh karenanya, kita yang kelahiran 80an ke bawah, disarankan periksa PSA alias Prostate-Specific Antigen, yaitu protein penanda bahwa ada sel prostat yang berperilaku menyimpang dan membelah diri tak terkendali. Istilahnya, tidak ikut arahan pimpinan partai.

Liáng - βιολί ζήτα

Study di Harvard University membuktikan bahwa ejakulasi 21 kali atau lebih dalam sebulan memiliki risiko kanker prostat 31% lebih rendah dibandingkan dengan yang mengalami ejakulasi 4-7 kali per bulan. Upaya untuk memiliki risiko kanker prostat yang lebih rendah TIDAK BERARTI frekuensi ejakulasi-nya mesti dilipat-gandakan !! hahahahaha..... aya-aya wae Bli Leong Putu ini. Banyak faktor kesehatan lainnya yang bisa diupayakan, setidak-tidaknya untuk tidak memperburuk kondisi prostat. www.health.harvard.edu ejaculation_frequency_and_prostate_cancer

Kang Sabarikhlas

Bissmillah....anu, baca CHD+komen para perusuh, jan rusuh deh hari ini. Saya yang pingin jadi anak sholeh jadi bingung+takut mau komen apa. Lha wong ilustrasi gambarnya aja batang pisang dan 2 telur yg coklat, mbok diganti telur bebek kan biru,.. Awalnya lihat gambarnya saya kira artikel 'UMKM' (Usaha Maju Kawin Maneh) ternyata benar membahas perangkat untuk 'UMKM'… duh. Saya ini semalam ikut acara 10 Muharram lalu dirumah dikirimi pak Rt bancakan bubur Suro, lalu saya masih dzikir ber-ulang² biar usaha saya 'UMKM' (Uang Modal Kosong Melompong) sukses dapat utangan So, eh anu Jadi maaf saya ndak komen biar ndak nambah dosa, saya kan anak sholeh,..

*) Dari komentar pembaca http://disway.id


Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id