KANALPojok Features

Sang Begawan Media

All Hajjah

All Hajjah
All India Hajjah bersama crew pesawat Air India Express. (FOTO: simpleflying.com)

COWASJP.COMINILAH musim haji pertama yang boleh dilakukan wanita tanpa muhrim. Yang menyambutnya dengan antusias adalah India: sampai ada penerbangan haji khusus wanita. Mulai dari pilot, awak pesawat sampai petugas mesinnya.

Indonesia juga. 

Dari 40 jemaah haji yang ikut ustad Muhibbin dari Surabaya, misalnya, enam orang wanita tanpa muhrim.

Di Indonesia, dengan budaya kekerabatan yang kental, persoalan muhrim sebenarnya  bukan masalah besar: masih bisa minta tolong laki-laki lain sebagai muhrim.

Di negara lain tidak semudah itu. Maka muslim India menyambut kebijakan baru Arab Saudi itu dengan gegap gempita.

Muhrim adalah laki-laki yang tidak boleh kawin dengan si wanita. Misalnya, ayah dan saudara kandung. Wanita lajang akan aman bila pergi dengan muhrim. Anda sudah tahu: pemerintah Saudi menganut aliran keras dalam penerapan hukum Islam. Aliran Wahabi. Saudi tidak akan memberi visa kepada wanita yang ingin umrah atau naik haji tanpa didampingi muhrim.

Larangan itu, di Indonesia, bisa dicarikan jalan keluar. Misalkan bude Anda sudah janda. Tua. Ingin naik haji. Bisa saja si bude diikutkan keluarga orang lain. Waktu mengurus visa saja perlu disebutkan si bude sebagai keponakan keluarga itu. Pihak travel yang memberi surat pernyataan sebagai keponakan. 

Bajuri, pemilik perusahaan penyelenggara Umrah Bakkah, memberi contoh anak perempuannya. Tahun lalu. Dia harus umrah. Saat mengurus visa dia didaftarkan sebagai keponakan Dahlan Iskan yang juga berangkat umrah. Berarti anaknya itu bermuhrim dengan saya.

Selesai. Visa keluar.

Kalau umur wanita lajang itu sebaya, tentu tidak pantas disebut keponakan. Maka bisa disebut sepupu. Yang penting pihak travel membuat pernyataan si wanita lajang punya muhrim.

Wanita lajang tidak akan bisa mendapat visa kalau mendaftar umrah belakangan. Yakni ketika semua anggota rombongan sudah mendapat visa. Tidak ada lagi laki-laki yang bisa dinunuti jadi muhrim.

Dengan tipu-tipu itu begitu banyak wanita Indonesia yang tetap bisa berangkat umrah dan haji meski harus tidak jujur ketika mendapatkan visa.

Di negara lain fleksibilitas seperti itu belum tentu bisa terjadi. Maka ketika aturan harus punya muhrim dicabut akan lebih banyak wanita yang ke Makkah.

Perusahaan penerbangan Air India Express langsung merespons kebijakan baru Saudi itu sebagai peluang bisnis. Air India Express langsung membuka penerbangan all women. Yakni para lajang yang tahun ini ingin berhaji ke Makkah.

Pendaftarnya melimpah. Padahal Islam agama minoritas di India. Dan lagi program all hajjah ini hanya dilaksanakan di satu negara bagian: Kerala. Yakni negara bagian jauh di tenggara.

Hari itu seorang menteri urusan minoritas di Kerala pergi ke Bandara Calicut. Itulah penerbangan perdana pesawat haji all woman. Isinya 145 orang. Semua wanita. Pesawatnya jenis 737. Jarak Kerala-Jeddah hanya 5 jam. Sang menteri menandai pemberangkatan itu dengan menyerahkan boarding pass ke seorang janda 76 tahun.

Sebelum berangkat semua penumpang berfoto bersama dengan pilotnya. Juga wanita. Bahkan engineer-nya pun wanita.

Total ada 16 penerbangan yang all hajjah seperti itu. Berangkatnya dari tiga kota di provinsi itu. Jumlah jemaah wanitanya 2.730 orang.

Mengapa Arab Saudi mengubah kebijakannya? Apakah ini pertanda adanya perubahan pemahaman keagamaan? Atau semata-mata pertimbangan ekonomi?

Orang seperti Muhibbin, ketua Ansor NU di kecamatannya, melihat Wahabi sudah mulai berubah. Buktinya, wanita juga sudah boleh mengendarai mobil. Boleh nonton sepak bola di stadion. Boleh nonton konser musik.

"Dan lagi keadaan kan sudah aman. Keamanan wanita sudah lebih terjaga," katanya.

Toh si wanita lajang berhaji juga dalam satu rombongan. 

Ada pimpinan rombongannya. Sudah terjamin.

Belum lagi adanya perubahan ini:  sudah terlihat kian banyak petugas imigrasi wanita di bandara di sana. Mereka bertugas pun sampai dini hari. Satu perubahan yang dulu juga tidak terlihat. 

Ritual haji tahun ini sudah selesai. Para jamaah haji sudah waktunya pulang. Yang bermuhrim maupun yang tidak. Semua mabrur. Mestinya. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 29 Juni 2023: Bukan Penakut

mzarifin umarzain

Tekanan dari luar ke dalam itu: senggama. Bikin bayi. Tekanan dari dalam keluar: melahirkan bayi.

Amat K.

Lelaki yang memutuskan menikahi wanita juga bukan penakut. Dia sudah tahu bakalan masuk jurang tetap dipilihnya. #LakiTakKenalTakut

Agus Suryono

ARTI KATA "IMPLODE".. Kata "meledak" itu sebenarnya juga tidak cocok. Belum ada bahasa Indonesia untuk mengartikan "implode". Lebih tepatnya Titan itu penyet sepenyet-penyetnya sampai hancur", tulis Abah. ###Saya tanyakan itu ke mbah Google, katanya: 
1). Implode itu lawan dari kata "explode". 
2). Meledak, tapi "meledak ke dalam".. 
Jadi kata "penyet sepenyet-penyetnya", maksudnya ya meledak ke dalam itu..

Fauzan Samsuri

Enaknya mati cara ini itu versi Abah DI (orang hidup), yang mengalami bisa jadi beda versi, kalau mau tahu ya harus mengalami sendiri

Johan

Proses menuju meletupnya kapal itu tentu tidak seketika. Dalam rentang waktu kapal mengalami trouble sampai meletup, para korban yang tewas pasti mengalami ketakutan dan penderitaan yang hebat. Terus terang saya tidak berminat dengan kematian seperti ini. Mengendarai mobil Tesla dalam kecepatan diatas 100kpj dan menabrak tiang pancang jalan tol, mungkin akan menjadi kematian yang lebih sederhana dan murah. 

Mirza Mirwan

Informasi yang disampaikan Pak DI lewat CHD jangan diterima seutuhnya sebelum pembaca mencari sumber lain. Sisakan 25% untuk mempertanyakan kebenaran informasi itu. Di bawah, Bung Juve menulis bahwa Pak DI berfantasi terkait Titan tak selalu di permukaan. Kesannya Titan meluncur sendiri dari Newfoundland. Bung Juve yakin ada kapal lain yang membawanya ke jarak 700km itu. Dan Bung Juve benar. Yang bertindak sebagai kapal induk (mothership) adalah kapal Polar Prince, sebuah kapal riset Kanada. Adalah Polar Prince yang mengangkut Titan, menurunkannya di jarak sekitar 700km dari Newfoundland, dan kemudian juga melakukan komunikasi dengan Titan yang menuju kedalaman sejak Jumat (16/6). Hari Minggu (18/6) Polar Prince kehilangan kontak dengan Titan. Seminggu kemudian Polar Prince sudah kembali ke Newfoundland. Di YouTube banyak video tentang hal itu. Bahkan juga ada video saat Titan dalam hitungan sepersekian detik hancur mabrut. Tadi menjelang subuh saya baca berita ditemukannya puing dan serpihan tubuh manusia yang diduga dari Titan. 

Joni Sutarman

Artikel CHD hari ini adalah berita basi dan copypaste dan ternyata ada yang salah pula..

agus budiarto

Batul. Sering tidak tepat. Termasul Al Zaytun? 

Gianto Kwee

Grand Heaven, Rumah duka di Jakarta dan Surabaya, menampilkan "Kupu-kupu" sebagai simbol nya, meng Analogikan kehidupan bagai "Ulat" yang berubah menjadi "Kupu-kupu" di kehidupan berikutnya Apakah memori saat menjadi "Ulat" Tebawa saat jadi "Kupu-kupu" ? Hanya Kupu-kupu yang tahu, Pesan yang tersirat "Jangan Cemas"

Gianto Kwee

Apakah rasa sakit sesaat sebelum tiada masih dirasakan setelah tiada ? tentu tidak ! Di analogikan dengan manusia sebelum dilahirkan, 9 bulan dia ada di rahim ibu, kemudian lahir sebagai bayi, sang bayi tidak punya memory sama sekali saat dia hidup sebagai Janin di rahim sang ibu, Salam

JIM vsp

Bahasa Jawanya titan menjadi seperti "ndog amun amun" 

doni wj

Titan = Raksasa. Titanic = Bersifat Raksasa = Maha Besar. Walau mungil, Titan didesain untuk menahan tekanan laut dalam yg raksasa. Persamaan lain diantara keduanya adalah kesombongan. Thomas Andrews, desainer Titanic, terkenal dengan salah satu sesumbarnya,"Bahkan Tuhan tidak bisa menenggelamkan kapal ini". Itu mengacu pada sistem keamanan yg sangat canggih pada masanya. Dia menempatkan banyak pompa yg akan mengeluarkan air laut apabila terjadi kebocoran pada kapal. Juga pada ukuran Titanic yg (dia pikir) terbesar pada masanya, 269 meter. Thomas Andrews mainnya kurang jauh. Kalau saja dia tahu catatan pelaut Portugis 350 tahun sebelumnya. Perahu Ratu Kalinyamat dari Jepara itu panjangnya mencapai 390an meter. Jauh lebih panjang daripada kapal induk terbesar di dunia, USS Gerald Ford, 333 meter. Atau terpanjang USS Kennedy 337 meter. Bahkan kapal pesiar terbesar di dunia saat ini, Icon of The Seas, 365 meter. Sedangkan Stockton Rush merasa spesifikasi untuk membangun Titan terlalu berlebihan dan mubazir. Juga menolak inspeksi. Dia bahkan memecat salah seorang teknisi ahlinya. Yang menemukan potensi bahaya pada Titan. Apapun penyebabnya, implode terjadi apabila tekanan di dlm wahana tiba2 anjlog menjadi lebih kecil daripada tekanan di luarnya. Mengingat material Titan sudah teruji berkali2 sebelumnya, hanya keausan bahan, kelemahan desain, atau kebocoran sistem isolasi yg memungkinkan itu terjadi. Baik Andrews maupun Rush menyadari kecongkakan itu di dasar samudera yg sama

Johannes Kitono

Merak - Bakauhuni. Pagi di Idul Adha ini seharusnya berangkat jam 06.00 dari Jakarta - Merak menuju Lampung. Apa mau dikata, alarm Samsung tidak berbunyi saat jam 05.00. Teng 06.41 naik Fortuner lewat gerbang tol 2 x jam 07.45 dah tiba di Merak. Langsung check in dan ratusan mobil sudah sabar menunggu. Sistem e-tiket Ferryzy yang canggih tidak diikuti dengan jumlah dan frekuensi Kapalnya. Para penumpang harus menunggu dimobil lebih 2 jam. Bayangan tiba jam 07.45 di Merak dan baru berangkat jam 11.00 dengan Ferry KM Sebuku. Itu kelas Express buat mobil Fortuner beserta 3 penumpang, harganya Rp.644 ribu. Yang reguler Rp.450 ribu dan pasti waktu tunggunya lebih lama. Dan tidak ada fasilitas kuliner di Merak, KFC sampai jam 10.00 masih belum berkokok juga. Didalam Ferry ada VIP lounge dengan harga 60 ribu/pack,dapat kopi dan lunch box isi roti. Lucunya, ada penumpang yang numpang ngorok di Sofa ambil jatah penumpang lainnya. Perjalanan Merak - Bakauhuni sekitar 1,5 jam. Tentu murah meriah dibanding dengan Submersiel Titan. Harganya Rp.5 mily/pack diving di kedalaman 3.800 m dengan one way tiket saja. Bagi yang senang lihat Shipwreck.Silahkan ke Tulamben, Bali lihat Kapal Liberty. Kalau lagi lucky bisa lihat Sun Fish / Mola yang emigrasi dari Aussie ke Bali. Sun Fish bentuknya bulat dengan diameter lebih 2 meter dan selalu berenang schooling atau berpasangan. Jadi turis ke Bali tanpa paspor menghindari musim dingin di Aussie yang dimulai dari Juni.Selamat Idul Adha buat manteman.

Xiaomi A1

Rabu sore menyeberang dari ketapang ke bali, sampe gilimanuk lancar, arah yg sebaliknya (ke jawa) ternyata antri panjang sekali, ekornya sampe di jembatan timbang cekik, skitar 3 km dari dermaga, melihat antrian itu dlm hati saya bersyukur untung ndak kena macet, ternyata jln lancar itu cuma sampe negara, dari ibukota jembrana itu ke kuta jaraknya cuma 80an km, tp krn merayap butuh waktu 4 jam..semoga suatu saat ada tol bali barat, setidaknya jembrana-tabanan..

Leong Putu

Saya memang pemberani, dari tadi malam. Sate, gule dan krengsenga saya sikat semua. Tanpa ampun. Hhhh....tapi siang menjelang sore ini, leher mulai kaku, bagian bawah juga mulai tegang. Hmmmm....

Beny Arifin

Alangkah enaknya mayi dengan cara itu ?. Sakitnya mungkin tidak terasa karena saking cepatnya. Tapi kan kebayang kengerian 15 menit sebelumnya. Saat mulai hilang komunikasi, saat dinding kapal mulai muncul tanda tanda retak atau penyet. Saat komat kamit baca kalimah tahlil yang terakhir sebelum akhirnya blarrrr....

Er Gham

Mati dengan cepat? Mungkin benar. Namun, bagi awak di dalam kapal selam, justru menghadapi detik detik implode itu yang mengerikan. Badan kapal selam seperti diketuk ketuk pakai palu besar. Lalu beberapa bodinya melempem, menekan ke dalam kapal selam. Semakin lama 'penyek' bodinya. Baru kemudian terpecah berkeping keping. Jika para awak kapal selam masih sadar saat proses ini terjadi, masih sadar, justru ini proses yang mengerikan.

Beny Arifin

Malaikat Izrail mungkin heran saat Tuhan menugaskannya di kedalaman 12.000 ft Laut Atlantik dihari itu. Mana ada orang berkeliaran di tempat seperti itu ? mungkin begitu pikir malaikat maut. Eh bener orangnya nyamperin....

Agus Suryono

PENGALAMAN LOGIN KE DISWAY.. 
1). Pakai Chrome, tidak stabil. Kadang bisa, tapi lebih sering gagal. 
2). Pakai "Samsuxx Internet" selalu sukses.. Gak pernah gagal. ###Cobalah..

Komentator Spesialis

Menurut saya ada 2 kemungkinan penyebab : 

1) Ada meterial fatigue di kapal titan. Yang menyebabkan kebocoran saat tekanan tinggi di kedalaman 3800 meter. Sudah pernah dipakai 12 kali menyelam. Dan terbukti bisa bertahan. Artinya bukan soal material yang dipakai tetapi fatigue tadi. 

2) Hubungan komunikasi dengan induk kapal terganggu. Di kedalaman 3800 meter, kapan titan perlu supply tekanan yang cukup. Bila tidak akan implode (ciah...tiru tiru ini) dalam waktu sekejap. Gambarannya seperti minuman kaleng. Saat belum dibuka coba anda tekan sekuat tenaga. Pasti keras. Lebih keras dari punya bli Leong pastinya. Tetapi, ketika kaleng sudah dibuka, pakai tangan kiri diremas juga penyet. Itu sedikit analisa dari ahlinya ahli, wkwkwk.. (Pura pura jadi ahli)

Suryadi armed

Bila ajal tiba masa, manusia rela membayar 5 milyar untuk menyambut kematian di kedalaman samudra

bagus aryo sutikno

Perusuh yg kaya mah nggilani poll. Bikin martabak dari 100 telor bebek dengan toping 10 kg tuna. Rumangsa'ne Sakura Regency iso ti sogok yee.. 

Liam Then

Orang kaya barat memang banyak yang nyeleneh. Contohnya Elon Musk, bumi kek surga begini, ia malah mau ke planet Mars, 330jt km jauhnya dari bumi. Elon Musk ini manusia hebat, bikin perusahaan roket SpaceX ,kemudian bikin perusahaan telekomukasi Starlink. Starlink ini sudah punya 4000 jaringan mikro satelit di orbit bumi. Kalo dipikirkan makin nggilani, 4000 satelit itu ngangkutnya gimana, per rit sepuluh biji pun ,harus 400 kali sukses peluncuran. Lebih nggilaninya, dua perusahaan ini masih belum IPO. Ada spekulasi belakangan ini jika Starlink IPO, nilainya bakal nggilani lagi. Lebih nggilani lagi, Elon Musk punya perusahaan namanya Neuralink, ini perusahaan lagi R&D pasang chip di otak. Kalo jadi ini barang, kita misalnya hitung peluang statistik kemungkinan dan kebutuhan untuk akuisisi istri ketiga, maintenance dan lain-lain , cukup elus-elus kuping saja ibaratnya. Hasilnya langsung muncul di otak, dikerjakan oleh chipset yang tersambung ke urat syaraf otak. Ngillani bukan? Keturunan langsung keluarga kaya legenda, trah Rockefeller, anak lelakinya juga ada hobi berani, sudah dijamin kaya 13 keturunan gak habis dimakan, ini pemuda malah bikin ekspedisi ke Papua. Orangnya hilang sampai sekarang tak ketemu. Kabarnya empritnya, nasibnya tragis, jadi sarapan suku kanibal setempat, yang masa itu masih ada. Orang kaya barat kalo kumat memang nggilani.

*) Dari komentar pembaca http://disway.id


Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id