KANALPojok News

Tujuh Duta

Tujuh Duta
Pameran lukisan di Pawon Teh Teduh

COWASJP.COMIni masih tentang Pameran Drawing serentak oleh GoART  di 7 tempat. Salah satunya di Pawon Teh Tudung. 

***

PAMERAN 7 tempat, mengharuskan peserta berkarya untuk 7 lokasi yang berbeda. Karya drawing. Bukan painting. Gambar bukan lukisan. 

Sejumlah kawan, yang biasa eksplorasi dengan media lukis, mengaku sedikit kesulitan. Meski sudah menemukan ide, mewujudkan dalam karya drawing --ukuran kecil lagi-- menjadi satu effort tersendiri. 

Kondisi tersebut ternyata memunculkan sejumlah kejutan. Ide-ide berkait 7 tempat dengan 7 karya, menghasilkan eksplorasi estetis yang luar biasa. 

Salah satunya yang dilakukan Petrus Agus Herjaka. Perupa dengan spesialis figur wayang ini merespons situasi (7 karya 7 tempat) dengan dengan cerdas. 

BACA JUGA: Ganjar Pranowo di Pawon Teh Tudung, Susi Pujiasturi di Teh Robusta

Seperti diketahui, pada kakawin Arjuna Wiwaha yg ditulis Empu Kanwa tahun 1019 Batara Brama mengutus 7 bidadari. Tujuh bidadari tersebut bernama Supraba, Wilutama, Gagarmayang, Irim-Irim, Surendra,  Lengleng Mandalu, dan Warsiki. Tugas para bidadari  untuk menguji Arjuna yang sedang bertapa bergelar Ciptoning Mintaraga. 

"Tapi maaf, (untuk pameran ini) ketujuh Duta tersebut berganti busana (mungkin disesuaikan zaman). Tetapi esensinya menguji keteguhan tapa Arjuna," jelas Herjaka tentang konsep berkaryanya. 

lukisan3.jpg

Maka lahirlah karya 7 Duta. Ketujuh duta tersebut "benar-benar menguji keimanan". Atau lebih tepatnya menguji "imron". Soalnya, biasanya imannya kuat tapi "imronnya" bisa tetep njengat hahaha 

Ketujuh duta yang ditampilkan Herjaka di antaranya memvisualkan bidadari berpakaian seronok. Tetapi tetap dengan citraan wajah pewayangan. 

Selain menguji "imron", apa yang dilakukan Herjaka ini pun memudahkan panitia lokal. Jika untuk karya perupa lain, judulnya beda-beda, panitia repot. Namun untuk karya Herjaka tinggal menuliskan judul "Duta". Kalau ingin lebih detil bisa dtambah #1 #2 #3 dan seterusnya.  

Nah, Anda yang ingin menikmati Duta milenial karya Herjaka ini, silakan hadir di 7 tempat pameran. Anda yang di Solo, bisa ke Rumah Banjarsari di Stabelan.

lukisan4.jpg

Yang di Magelang, bisa ke Pawon Teh Tudung di Genito, Windusari, Magelang. Tempat kuliner dan wisata alam di Lereng Sumbing. 

Yang di Kota Jogja bisa singgah sejenak di Teh Robusta. Di Kawasan Bakpia Pathuk, Ngampilan,Jogja. 

BACA JUGA: Doa Yang Terkabul​

Yang dekat Imogiri, silakan ke Studio Kayu. Ini berada di dekat Angkringan Anget-Anget, Imogiri. 

Yang di Bantul sisi Barat, bisa ke Rumah DhogKart atau Rozi Galeri. Keduanya di sekitaran Gilangharjo, Pandak. 

Sedangkan yang di wilayah Sleman, bisa mampir ke Daliya Art Gallery. Ini ada di wilayah Kalasan. 

Kalau kemudian tertarik mengoleksi ke tujuh Duta, karya Herjaka, bisa menghubungi kami. Ke nomor 0818-262-111 ini. *


Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :